Foto Terbaru Galaksi Andromeda Yang Diambil Oleh NASA, Menakjubkan!

Foto yang dikeluarkan Badan Administrasi Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ini merupakan foto yang paling jelas dari Galaksi Andromeda yang pernah diambil dengan sinar inframerah.

Sebelum melangkah lebih jauh saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang Apa itu galaksi?

Menurut buku Fisika SMA yang pernah saya pelajari 2 tahun yang lalu, Bumi kita ini terletak di dalam satu wadah bernama Tata Surya yang berpusat di matahari bersamaan dengan ratusan ribu bumi/planet lain. Sementara tata surya kita berada dalam sebuah Galaksi bernama Galaksi Bimasakti (Milky Way) bersamaan dengan milyaran sistim tata surya dengan jumlah triliyunan bintang yang lebih besar dibanding matahari.

Saya harap sedikit analogi diatas bisa sedikit menjelaskan tentang apa itu Galaksi dan betapa besarnya, sekaligus menunjukkan kekuasaan Sang Pencipta Yang Maha Luas.

Berikut gambar Galaksi Andromeda yang diambul dari Teleskop inframerah The Herschel pada 25 Desember 2010 lalu:


galaksi andromeda, gambar ruang angkasa, planet, bintang, benda langit


Indah banget ya?
Lingkaran cincin debu di luar pusat galaksi diperkirakan akibat tabrakan antara galaksi yang lebih kecil dan Andromeda pada masa silam. Citra ini hasil dari Observatorium Antariksa Herschel dengan sinar inframerah (warna oranye) dan dari teleskop XMM-Newton yang menggunakan sinar X (warna biru).

Uniknya lagi, Andromeda adalah galaksi terbesar yang berdekatan dengan Galaksi Bima Sakti, galaksi kita, masih tetanggaan toh......!!!!

Popular posts from this blog

ABG Amerika Populer Dengan Mempertahankan Status Tetap Perawan dan Perjaka

Tahapan Pelaksanaan Konstruksi Jalan & Jembatan

100 Film Paling Laris Sepanjang Masa